Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi

 Paradigma Ilmu dalam Kajian Filsafat (Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi)


Nama    : Aldila Septya Khoirunnisa
Kelas    : MD 3C
NIM     : 11220530000075


Filsafat ontologi, epistemologi, dan aksiologi  bahwa ketiga konsep ini merupakan bagian penting dalam memahami dan menganalisis realitas, pengetahuan, dan nilai-nilai dalam kehidupan manusia.

Ontologi adalah cabang filsafat yang mempelajari tentang hakikat keberadaan dan realitas. Epistemologi adalah cabang filsafat yang mempelajari tentang sumber, alasan, dan batasan pengetahuan. Aksiologi adalah cabang filsafat yang mempelajari tentang nilai dan etika.

Konsep ketiga ini saling terkait dan saling mempengaruhi dalam memahami dunia dan kehidupan manusia. Ontologi membantu kita memahami realitas yang menjadi dasar pengetahuan dan nilai-nilai. Epistemologi membantu kita memahami bagaimana kita memperoleh pengetahuan tentang realitas dan nilai-nilai. Aksiologi membantu kita memahami dan menanamkan nilai-nilai yang mendasari tindakan dan keputusan kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami ontologi, epistemologi, dan aksiologi, kita dapat memiliki landasan yang kuat dalam memahami dan menghadapi berbagai aspek kehidupan dan dilema moral.


Comments

Popular posts from this blog

Kebutuhan Manusia terhadap Dakwah

Hubungan antara Filsafat Islam dan Filsafat Dakwah

Hakekat Struktur dan Fungsi Dakwah sebagai System